Rabu, 14 Juli 2010

Google trends

Google trends adalah salah satu layanan yang diberikan oleh google kepada kita secara gratis. Deskripis  Google tends adalah sebagai berikut seperti yang dijelaskan oleh pihak Google di http://www.google.com/intl/en/trends/about.html: With Google Trends, you can compare the world’s interest in your favorite topics. Enter up to five topics and see how often they’ve been searched on Google over time. Google Trends also shows how frequently your topics have appeared in Google News stories, and in which geographic regions people have searched for them most
Dari penjelasan yang diberikan oleh Google tersebut dapat kita ambil poin sebagai berikut: Google trends dapat kita gunakan untuk membandingkan ketertarikan dunia pada sebuah topik. Kita dapat memasukkan lima tipik dan melihat seberapa sering kelima topik tersebut dicari oleh penggunan Search Engine milik Google. Melalui Google trends kita dapat melihat seberapa sering topik kita tampil di Google News Stories dan pada orang yang berada di bagian mana saja yang paling sering mencarinya.
Google trends berbentuk Search Engine, hanya saja Search Engine ini digunakan untuk menampilkan keyword atau kata kunci yang paling sering dicari oleh orang di seluruh dunia. Dengan mengetahui Keyword tersebut seseorang yang senang bergelut di dunia blogging seperti saya ini dapat menentukan judul apa yang paling tepat untuk digunakan sebagai judul postingan/artikel yang akan dibuat di blognya.
Sebenarnya Google masih memiliki banyak tools bermanfaat, tapi kebanyakan kita tidak mengetahui tools tersebut. Lain kali saya akan membahas tool-tool lainnya yang dimiliki oleh Google. Oh ya, untuk mencoba Google trend silahkan merujuk ke situs ini : http://google.com/trends.