Sabtu, 17 Juli 2010

Page Rank Google

Page Rank Google atau Google Page Rank adalah sebuah tolok ukur kepopuleran sebuah situs web/blog di Search Engine Google. Page Rank diciptakan oleh dua orang terkemuka Google.Inc yaitu Larry Page dan Seargey Brin.
Page Rank sebuah situs web/blog ditentukan berdasarkan jumlah link yang mengarah ke situs web/blog tersebut. Banyaknya link yang mengacu ke sebuah situs web/blog diasumsikan bahwa situs tersebut (situs yang diacu) memiliki isi/artikel yang lebih bermanfaat dari pada isi/artikel situs lainnya. Page Rank ini dihitung berdasarkan nomor 1 sampai dengan nomor 10.
Beberapa cara Search Engine menentukan Pager Rank ini yaitu penggunaan META tags, META kewords, META description yang ada di sebuah situs web/blog. Selain itu kualitas isi artikel/postingan sebuah situs web/blog juga turut mempengaruhi kepopuleran sebuah situs.  Disamping yang sudah disebutkan sebelumnya, kepopuleran sebuah situs yang me-link sebuah situs web/blog juga mempengaruhi kualitas/rangking sebuah situs web/blog.
Sebenarnya apa sih keuntungan sebuah situs web/blog memiliki Page Rank bagus? Jawabannya adalah karena Page Rank sebuah situs web/blog sangat menentukan posisi situs tersebut di Search Engine. Misalnya sebuah situs memiliki Page Rank terbaik akan diletakkan di posisi pertama hasil pencarian Search Engine Google. Dengan begitu situs web/blog tersebut akan mendapatkan pengunjung yang jauh lebih banyak daripada berada di posisi kedua, ketiga, keempat dan seterusnya.
Dari penjelasan mengenai Page Rank di atas, dapat kita pahami alasan mengapa seorang pemilik situs web/blog sangat mengharapkan situsnya memiliki page rank terbaik termasuk saya.
Permasalahan selanjutnya adalah bagaimana cara melihat Page Rank sebuah situs web/blog ? Di Internet sudah banyak yang menyediakan fasilitas untuk mengecek/mengetahui Page Rank sebuah situs web/blog. Salah satunya adalah mypagerank.net yang digunakan pada blog ini.
Untuk dapat menempatkan pemeriksa Page Rank di blog/web maka pemilik web/blog tersebut harus mengisi formulir yang disediakan oleh penyedia layanan yang bersangkutan. Setelah itu penyedia layanan tersebut akan memberikan pemilik situs web/blog kode yang harus dipasangkan pada web/blognya. Dengan begitu Page Rank situs atau blog akan ditampilkan pada situs tersebut. 


Dafar pustaka : 
ensiklopedia bebas, Dari Wikipedia bahasa Indoensia. PageRank. 25 Juni 2010. http://id.wikipedia.org/wiki/PageRank, (17 Juli 2010)
ensiklopdia bebas, Dari wikipedia bahasa Indonesia. Larry Page. 9 Juni 2010. http://id.wikipedia.org/wiki/Larry_page, (17 Juli 2010).