Sabtu, 17 Juli 2010

Tiga Search Engine Raksasa dalam SEO

Search Engine, sebuah istilah yang sangat umum diketahui oleh para pengguna internet khususnya orang yang sudah lama bermain internet tapi tidak menutup kemungkinan seseorang yang baru pertama kali membuka internet sudah mengenal Search Engine ini. 
Di dunia maya seperti Internet ini sudah terdapat bermacam-macam Search Engine dari berbagai negara dan berbagai bidang misalnya Google, Yahoo, Bing (MSN/Live), AOL, AltaVista dan masih banyak yang lain. Tetapi tiga Search Engine yang paling dikenal masyarakat adalah Google, Yahoo, dan Bing (dahulu bernama MSN/Live).  
Bagi para pemilik website/blog yang ingin website/blognya terkenal atau memiliki banyak pengunjung sudah seharusnya mempertimbangkan ketiga Search Engine ini untuk dipelajari khususnya Google. Ini penting diketahui karena setelah seseorang membuat website/blog tugas selanjutnya yang harus dilakukannya adalah bagaimana membuat situs itu ramai dikunjungi para peselancar internet (orang).
Dengan mendaftarkan situs di ketiga Search Engine raksasa (Google, Yahoo, Bing) ini situs kita akan diindex yang berarti situs kita dapat muncul di hasil pencarian Search Engine.
Salah satu cara membuat website ramai dikunjungi orang adalah mendaftarkan situs web/blog tersebut di Search Engine agar dapat diindex oleh Search Engine. Langkah Selanjutnya adalah berusaha membuat situs website/blog itu berada pada posisi pertama di hasil pencaraian Search Engine. Yang menjadi permasalahan adalah bagaimana cara membuat Search Engine mengindex situs kita apalagi di Internet ini sudah begitu banyak Search Engine. 
Google, Yahoo, dan Bing adalah tiga Search Engine raksasa atau boleh dikatakan ketuanya Search Engine sehingga apabila sebuah situs website/blog telah diindex oleh ketiga Search Engine ini, Search Engine lain juga akan mengindex webiste/blog tersebut. Jadi kita tidak perlu mendaftarkan situs kita pada semua Search Engine yang ada, dengan terindexnya situs kita di ketiga Search Engine ini sudah cukup untuk membuat website/blog kita ramai dikunjungi orang. 
Ada berbagai cara yang dapat dilakukan  untuk membuat situs kita terindex Search Engine raksasa itu. Berikut ini adalah salah satu cara yang dapat ditempuh. Untuk membuat situs website/blog kita diindex oleh Google kita dapat mendaftarkannya di situs resmi milik google yaitu http://google.com/addurl.html. Untuk mendaftarkan situs di Yahoo dapat dilakukan melalui situs milik yahoo https://siteexplorer.search.yahoo.com/submit. Terakhir adalah mendaftarkan situs website/blog di MSN dapat ditempuh dengan menuju halaman di http://search.msn.com/docs/submit.aspx. Screenshot halaman tersebut dapat dilihat di bawah ini.


Daftar Pustaka: "Getting List in Google, Yahoo, and Bing" http://www.2createwebsite.com/traffic/search-engine-traffic.html