Sabtu, 17 Juli 2010

Google: Alat Webmaster

Google oh Google, begitu banyak rahasia tersembunyimu yang belum nampak olehku. Alat Webmaster Google (dalam bahasa Inggris disebut Google Webmaster Tool) adalah sebuah situs/alat milik Google yang digunakan untuk mengontrol sebuah situs/web. Di Alat Webmaster milik Google ini kita dapat melihat keadaaan situs/blog kita apakah sudah terindex atau tidak. Selain itu, dengan Google Webmaster Tool kita juga dapat melihat kinerja situs atau blog kita sehingga dapat memperbaiki kinerja situs web/blog tersebut. 
Di Google Webmaster Tool kita dapat melihat apakah situs web/blog kita sudah terindex oleh Seach Engine Google dan berapa jumlah halaman yang terindex tersebut. Google webmaster tool ini dapat kita gunakan untuk mengirimkan peta situs web/blog yang kita miliki. Di sana diperlihatkan informasi berapa jumlah halaman yang telah terkirim dan ditampilkan pula jumlah halaman yang berhasil diindex. 

Salah satu fasilitas yang cukup bermanfaat untuk kita gunakan pada Google Webmaster Tool ini adalah fasilitas pelacak Program Jahat (Malware). Jika kita mengklik link Program Jahat di sidebar Google Webmaster Tool maka kita diberikan informasi seputar malware yang ada di situs kita. Saya bersyukur karena saat melihat informasi malware/program jahat pada blog ini google webmaster belum menemukannya. Ini berarti blog ini masih bersih dari program berbaya tersebut.
Sebenarnya saya masih baru menggunakan Google Webmaster Tool ini, dan tentunya saya masih belum terlalu mengenal apa yang dimaksud dengan kata/istilah-istilah yang ada di Tool tersebut. Misalnya Galat Perayapan. Sejak peta situs blog ini terdaftar di Google saya telah melihat ada dua kategori/label postingan blog ini yang digalat oleh robot txt.
Sebenarnya apa yang dimaksud dengan galat situs tersebut. Kalau dalam bahasa Inggris galat berarti error, sedangkan error jika diterjemahkan kembali ke bahasa Indonesia akan berarti kesalahaan. Jadi, kesimpulannya pengertian Galat Situs adalah situs web/blog yang mengalami kesalahan (masalah) dalam pengaksesan. 
Oh ya saya lupa, ternyata di halaman Galat perayapan pada Google Webmaster Tool ini sudah disediakan deskripsinya. Di sana sudah diterangkan bahwa yang dimakdus dengan Galat Perayapan adalah masalah yang dihadapi Google saat merayapi sebuah situs. 
Entah apa yang menyebabkan Galat Situs ini ada pada dua label yang telah saya berikan untuk artikel ada untuk blog saya ini, tapi rasanya sangat rugi jika google tidak bisa mengindex halaman yang berada pada label tersebut. Bagaimana tidak rugi, seandainya sebuah label memiliki sepuluh artikel/postingan maka semua postingan tersebut sebab halaman tersebut tidak bisa diakses oleh Search Engine. Ini adalah sesuatu yang tidak menguntungkan buat sebuah situs karena kata kunci yang dimiliki situs tersebut akan berkurang di Search Engine sehingga para pengunjung situs web/blog tersebut tidak akan datang melalui kata kunci yang ada di postingan/artikel yang telah digalat tersebut. 
Oh ya, Google Webmaster Tool juga dapat memperlihatkan kata kunci atau keyword pada situs kita. Pada halaman dasbor Alat Webmaster Google diperlihatkan Keyword/kata kunci sebanyak lima. Keyword tersebut diurutkan mulai dari yang paling sering digunakan sampai yang paling jarang digunakan. Jika kita mengklik 'link selengkapnya maka sub tab Kata Kunci pada tab Situs Anda di Web akan dibuka. Di sub tab ini diberikan informasi keyword sebanyak 20. Keyword-keyword tersebut diurutkan dengan menggunakan normor mulai dari angka 1 sampai angka 20. Keyword pada posisi 1 berarti keyword tersebut paling sering digunakan begitupun sebaliknya keyword pada posisi 20 adalah keyword yang paling jarang digunakan.
Semoga nanti Galat Situs tersebut dapat diperbaiki agar artikel-artikel terkait dapat diindex oleh paman Google.