Jumat, 23 Juli 2010

Definisi/Pengertian For Dummies

For Dummies dua buah kata yang begitu sering saya temukan selama berjalan-jalan di dunia Internet. For Dummies ini telah saya cari di beberapa kamus terkenal seperti Google Translate maupun di web dengan menggunakan Search Engine Google. Istilah For Dummies ini sejak beberapa tahun lalu sudah saya cari pengertiannya dalam bahasa Indonesia tapi tidak juga menemukan sebuah website, blog, ataupun kamus yang menerangkan artik dua kata ini. 
Baru saja saya melihat begitu banyak kata For Dummies  ini terdapat pada buku-buku terkenal yang ada di Internet. Beberapa buku/E-Book yang memuat kata For Dummies ini sebagai bagian dari judulnya adalah QuickBooks 2010 For Dummies, AutoCAD 2010 For Dummies, Office 2010 For Dummies (For Dummies (Computer/Tech))Office 2010 For Dummies, Book + DVD Budle (For Dummies (Computer/Tech)), PHP & MySQL Web Development All-in-One Desk Reference For Dummies, The Internet For Dummies, Building a Website For Dummies, Social Media Marketing For Dummies, Facebook Marketing For Dummies, Building Facebook Application For Dummies, dan masih banyak lagi Buku yang bernuansa kata For Dummies ini. 
Sebenarnya apa sih yang dimaksud For Dummies ini? Setelah berkeliling kesana kemari di Internet akhirnya ada sebuah kamus online yang menyebutkan definisi For Dummies ini. Pada kamus online tersebut dijelaskan bahwa kata Dummies berarti sebagai berikut. For Dummies adalah One Who is dumb (seseorang yang bisu), A thick-witted person; a dolt (Orang bodoh; tolol.), dan masih ada beberapa pengertian lagi.
Di sini saya lebih menyukai kata bodoh dan tolol (belum bisa) sebegai terjemahan kata Dummies ke dalam bahasa Indonesia. Saya lebih menyukai pengertian tersebut karena bila kita mengacu ke pengertian ini untuk judul kebanyak buku yang memuat kata For Dummies ini pengertiannya akan lebih tepat. 
Jika kata Dummies digabungkan dengan kata For maka akan terbentuk sebuah pengertian yaitu Untuk Orang bodoh, Untuk Orang tolol, atau kalau pengertian yang lebih sopan adalah Orang yang belum bisa
Dari penjelasan saya di atas, jika kita mengartikan sebuah judul Buku yang mengandung kata For Dummies ini maka buku tersebut mengacu kepada orang yang tidak bisa. Dengan kata lain buku tersebut dibuat untuk seorang pemula atau yang baru belajar. Misalnya Buku yang berjudul Network Security For Dummies jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia judul tersebut akan menjadi Keamanan Jaringan untuk Orang Awam. Judul yang lain misalnya Photoshop CS3 For Dummies, dari judulnya kita dapat mengerti apa isi atau pembahasan buku Photoshop CS3 For Dummmies yaitu buku ini berisi cara-cara menggunakan fotoshop CS3 yang cocok dimiliki oleh orang yang baru belajar. Untuk judul-judul yang lain silahkan Anda perkirakan sendiri pengertian yang sesuai menurut Anda.
Jika Anda ingin melihat pengertian For Dummies ini secara lengkap Anda dapat menuju  ke halaman yang saya link ini. Halaman ini saya akses pada tanggal 23 Juli 2010.