Minggu, 25 Juli 2010

IP Address Habis

Sebelum berlanjut ada baiknya disebutkan definisi atau pengertian IP Address agar penjelasannya lebih mantap. Pengertian IP Address adalah secara umum dapat kita sebut sebagai alamat. Secara khususnya IP Address adalah alamat dalam dunia teknologi seperti Komputer. IP Address ini  terdiri atas tidak lebih dari 16 angka yang dipisahkan dengan tanda titik misalnya 192.168.1.1. Sebenarnya alamat sebuah website adalah IP Address ini, tetapi agar lebih memudahkan orang mengingat alamat tersebut maka IP Address yang semula adalah rangkaian beberapa angka yang dipisahkan oleh tanda titik (.) diganti dengan alamat yang terdiri dari huruf sehingga membentuk kata yang dapat diingat oleh orang dengan lebih mudah misalnya www.google.co.id sebenarnya adalah sebuah IP Address  yaitu 64.233.181.104. Boleh dikatakan www.google.co.id adalah nama lain dari 64.233.181.104. Jika kita ingin membuka halaman/website google yaitu kita bisa mengetikkan salah satu alamat ini di addressbar web-browser.
IP Address yang telah disebutkan di atas adalah IP Address versi 4 yang pada tahun 2010 ini diperkirakan akan habis dalam kurun waktu kurang dari satu tahun ke depan. Penyebabnya adalah karena IP Address versi 4 yang juga disebut IPv4 ini terbatas pada 32-bit angka yang berarti hanya terdapat 4 milyar IP Address unik. 
Untuk mengatasi hal tersebut kini telah diciptakan IP Address versi 6 yang juga disebut IPv6. IPv6 ini terdiri dari 128-bit alamat, dengan begitu IPv6 ini dapat menampung IP unik yang jauh lebih besar dibandingkan dengan IPv4. Dikatakan bahwa IPv6 ini dapat diberikan kepada setiap orang di planet karena IPv6 ini memiliki lebih dari 4 milyar IP Address unik. Dave Evance juga mengatakan "It's closer to 50 thousand trillion addresses per person". Katanya IPv6 ini mndekati 50 ribu trilium IP Address unik.
Untuk sistem operasi berbasis windows, windows 7 telah menggunakan IPv6 ini disamping terdapat pula IPv4. Dari penyelesaian masalah Habisnya IP Address versi 4 ini muncul juga permasalahan yaitu masalah transisi atau perpindahan dari IPv4 ke IPv6. Selengkapnya dapat Anda baca dari referensi tulisan ini.

Referensi:
MacManus, Richard. Less Than 1 Year Until The Internet Runs Out of Addresses, ReadWriteWeb. 21 Juli 2010, http://www.readwriteweb.com, (25 Juli 2010)