Selasa, 20 Juli 2010

Tab pengaturan Blogger Bertambah Lagi

Seperti pada postingan Juli 2010 Blogger Terlihat Aneh, kali ini pun saya kembali dikejutkan oleh blogger. Tab blogger terlihat berbeda dengan sebelumnya karena sekarang setingan bahasa pada Dasbor blog saya tidak lagi berada pada bahasa Indonesia melainkan menggunakan bahasa Ingger (English-UK). Yang paling membuat saya heran adalah tab pengaturan blog bertambah satu yang semula berjumlah lima kini menjadi enam buah. Setelah kemarin bertambah tab Stats, maka kali ini bertambah tab Monetise.
Berdasarkan pengetahuan yang saya miliki saat ini, tab Monetise adalah tab yang digunakan untuk mengatur iklan yang ada di blog kita. Iklan tersebut misalnya bersumber dari Google Adsense.Dengan adanya tab Monetise ini berarti sebuah blog sudah siap menghasilkan uang untuk pemiliknya. Lalu bagaimana dengan blog saya ? Apakah blog ini akan menghasilkan uang untuk saya?
Setelah mengklik tab Monetise ternyata terdapat sub tab Amazone Associates seperti terlihat pada gambar di samping. Sebenarnya apa sih Amazone Associates itu? Amazone Associates adalah salah satu program afiliasi pemasaran online pertama dan diluncurkan pada tahun 1996. Program Amazone Associates sudah lebih dari 12 tahun membantu pemilik website, pengembang website, dan para penjual di Amazone dapat menghasilkan uang dengan memasang jutaan iklan yang berasal dari Emazon.com dan Endless.com.
Ketika seorang pemilik website/blog yang telah terhubung dengan Amazone Assosiates menempatkan link di website/blognya dan para pengunjung mengklik link tersebut kemudian membeli barang dari Amazon.com atau Endless.com, mereka akan diberi jasa referal. Amazone Associates ini sangat mudah untuk digunakan dan benar-benar gratis. 
Mungkin ini adalah salah satu jalan yang dapat dilalui oleh para pemilik website/blog untuk menghasilkan sejumlah income tambahan. Berbicara masalah income/penghasilan, income seperti ini biasa disebut passif income. Passif Income dinamakan demikian karena seseorang tidak perlu pergi  ke kantor atau kemana-mana untuk mendapatkan penghasilan. Cukup dengan hanya mengurus website/blog dari rumah dan melakukan promosi di Internet.
Khusus untuk blog saya yang sederhana ini, tepat pada tanggal 19 Juli 2010 Amazone Associates telah terintegrasi. Rasanya sudah tidak sabar mencoba dan mengetahui seberapa besar penghasilan yang dapat di berikan lewat iklan dari Amazone Associates ini.
Pada posting berikutnya insya Allah saya akan membahas bagaimana cara mengatur Amazone Associates ini. Sekian dulu, terima kasih.

Referensi: What is the Amazone Associate Program ?. http://affilate-program.amazon.com/gp/associates/join/getstarted/. (diakses 20 Juli 2010)