Rabu, 14 Juli 2010

Blogger Terlihat Aneh

Blogger adalah sebuah layanan pembuatan dan penyimpanan blog yang diberikan oleh Google yang sekarang yang sekarang telah menjadi salah satu layanan blog populer di dunia. Saya selaku pemilik blog/warablog yang disediakan oleh Google tersebut merasakan keanehan terjadi pada layanan gratis yang diberikan Google ini. Tepatnya pada bulan Juli 2010 Blogger terlihat berbeda karena pada tab pengaturan blogger ada penambahan satu tab yaitu tab Statistik. Rupanya Google telah menambah fitur baru pada blogger miliknya.
Pada Tab Statistik ini terdapat lima  sub tab yaitu Tab Overview, Posts, Traffice Source, dan tab Audience. Pada kelima sub tab tersebut masing-masing dilengkapi dengan tombol Refresh yang digunakan untuk merefresh hasil statistik yang ada dan dilengkapi pula dengan sub tab Now (digunakan untuk melihat statistik blog pada hari ini),  tab Last Day (untuk melihat statistik blog pada hari kemarin) dan tiga sub tab lainnya. Berikut Screen-shot statistik blog saya. 
Berdasarkan posting yang saya baca di http://bloggerindraft.blogspot.com/, fitur baru blogger ini ditambahkan oleh Google karena merespon/menanggapi permintaan dari para pengguna Blogger untuk menambahkan fitur baru yang easier-to-use, fully-integrated stats feature for Blogger atau kalau diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia menjadi Statistik Blogger yang mudah dalam penggunaan, dan benar-benar terintegrasi dengan blogger/blogspot. Di sana juga dikatakan "You don't have to install or configure anything to start benefitting from Stats" dalam bahasa Iindonesianya Anda tidak perlu menginstall atau mengatur apapun untuk mulai mendapatkan manfaat dari Statistik tersebut".
Mungkin ini adalah berita yang cukup menggembirakan bagi para penggemar blogger/blogspot. Bagi saya pribadi fitur ini cukup menarik untuk digunakan walaupun blog ini sudah saya berikan tools serupa yang berasal dari pihak ketiga. 
Seiring dengan bertambahnya waktu mungkin Statistik milik Google yang ditambahkan pada blogger ini akan semakin dikembangkan sehingga suatu saat seorang penggemar blogger seperti saya ini memutuskan untuk tidak menggunakan tool statistik pihak ketiga lagi.
Sampai di sini dulu pembahasan mengenai fitur baru yang dimiliki oleh Blogger ini. Terima kasih telah berkunjung dan mau membaca postingan saya ini.