Jumat, 09 Juli 2010

Daftar Isi Blog Blogger Keren

Kiranya Daftar Isi pada sebuah blog/website cukup perlu untuk dipertimbangkan keberadaannya mengingat fungsinya yang sangat bermanfaat baik bagi pengunjung blog/website maupun para pemilik blog/website tersebut. 
Daftar Isi dapat mempermudah para pengunjung untuk menjelajahi isi sebuah blog/website sehingga pengunjung akan merasa lebih nyaman mencari informasi yang dibutuhkannya. Sedangkan bagi para pemilik blog/website sendiri keuntungannya adalah jika pengunjung blog/website yang bersangkutan mencari judul postingan dari daftar isi ada kemungkinan pengunjung tersebut akan membaca informasi/postingan yang lainnya tentunya setelah selesai membaca postingan sebelumnya.
Bagaimana sih cara membuat Daftar Isi ini?. Khusus pada postingan kali ini yang akan dibahas adalah cara membuat Daftar Isi pada blog khususnya blog yang berada di blogger.com. 
Dalam membuat Daftar Isi ini prosesnya tidaklah sulit bahkan sangat mudah. Berikut ini adalah cara membuat  Daftar Isi dengan menggunakan bantuan Gadget HTML/JavaScript. Dengan menggunakan Gadged HTML/JavaScript ini kita dapat dengan mudah mengatur tempat Daftar Isi ini. Misalnya kita ingin menempatkan Daftar Isi ini di Sidebar kanan kemudian kita ingin memmindahnya ke Sidebar sebelah kiri. atau ke bagian lainnya. Anda dapat melihat Daftar Isi blog ini berada di Sidebar.
Baiklah berikut ini adalah cara membuat Daftar Isi yang dimaksudkan. Pertama kita tinggal masuk ke halaman Dasbor, kemudian memilih blog yang akan kita taruhkan Daftar Isi. Selanjutnya Klik Rancangan, pada tab Edit Laman klik tambah Gadget dan pilih HTML/JavaScript. Pada kotak Content silahkan paste kode di bawah ini setelah itu simpan dan lihat hasilnya. Selesai.
<div
style="overflow:auto;width:auto; height:auto; padding:10px;border:1px
solid #eee"><script style="text/javascript" src="http://sites.google.com/site/brugkembar/sc/newdaftisi.txt"></script><script
src="http://azinsblog.blogspot.com/feeds/posts/default?max-results=9999&alt=json-in-script&callback=loadtoc"></script>
Yang perlu diberpahatikan pada kode tersebut adalah: Gantilah tulisan auto dan auto dengan lebar dan tinggi yang sesuai dengan template anda  sedangkan http://azinsblog.blogspot.com gantilah dengan alamat/situs blog Anda.Selesai.