Rabu, 25 November 2009

About

Blog ini tercipta dari tugas yang diberikan oleh salah seorang guru saya di SMKN 1 SELONG. Nama panggilan pak guru saya tersebut adalah pak Ikbal. Beliau adalah guru TI (Teknologi dan informasi) di sekolah saya (SMKN 1 SELONG).
Tugas membuat blog bukan saja diberikan kepada saya, tetapi semua anak kelas 3 TI yaitu TKJ dan MM. Jurusan TKJ sendiri dibagi menjadi 2 kelas, yaitu TKJ1 dan TKJ2 sedangkan jurusan MM hanya satu kelas.
Pak Ikbal memberikan syarat untuk mendapatkan nilai standar dari materi membuat blog, yaitu:
  1. Blog yang dibuat harus memiliki minimal 2 posting
  2. Blog tersebut harus memiliki aksesories minimal 2, diwajibkan memasang aksesories gadget jam dan counter. 
Sebenarnya saya mendambakan sebuah blog yang sederhana dan sangat cepat di-load, kalau bisa karena cepatnya blom diketik alamatnya sudah sangsung terbuka sendiri, hehe bisa ga' ya? Tetapi saya sadar kalau saya masih sangat awam dengan yang namanya bahasa pemrograman web seperti html, php, css, xml, dan lain sebagainya, walau pun sudah belajar berbulan-bulan.
Blog ini insya Allah akan saya kumpulkan kepada pak ikbal walaupun masih jauh dari harapan. Tetapi saya masih bisa bangga karena blog ini jirih payah saya sendiri (bukan copy-paste code template orang lain).
Salah satu keuntungan memiliki template sendiri yaitu di blog kita tidak terdapat link dari pembuat templat blog tersebut. Sampai saat ini saya belum menemukan template gratis yang tidak memiliki link atau saya sebut credit. Memang benar kalau kita bisa menghapus code link tersebut tapi saya tidak enak hati untuk melakukannya.
Biasanya pemilik template gratis menaruh kalimat-kalimat yang melarang pengguna template gratisnya untuk menghapus kode (code) link yang telah disisipkan tersebut. Saya pernah menemukan kalimat yang kurang lebih berbunyi  ...... aduh sory saya lupa soalnya kalimat tersebut menggunakan berbahasa inggris tapi kurang lebih artinya adalah " Saya sudah membuat template ini dengan susah payah dan template ini saya berikan gratis kepadamu. Jadi saya minta tolong jangan menghapus credit (kode link) ini. Hanya itu yang saya minta".
Saya tahu, memang tidak mudah membuat template yang bagus. Saya sudah mencoba mengutak-atik kode template blogger yang ada, tetapi hasilnya belum ada yang sesuai dengan yang saya harapkan. Saya berusaha keras mencari referensi dari berbagai sumber (berbagai situs di internet).
Beberapa situs yang sudah saya kunjungi diantaranya berasal dari Indonesia dan luar negeri yang tentunya menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa pengantar. Situs-Situs tersebut adalah:
  1. http://kolom-tutorial.blogspot.com/ miliknya Kang Rohman dari Indonesia
  2. http://www.o-om.com/ miliknya Agus Ramadhani (OOM) dari Indonesia
  3. www.w3.org/Style/CSS/ situs luar negeri dengan kata pengantar eh salah maksud saya bahasa pengantar adalah bahasa inggris.
  4. http://www.w3schools.com situs ini berasal dari luar negeri (Indonesia) dengan bahasa pengantar adalah bahasa Inggris. 
Situs-situs tersebut di atas adalah situs yang sangat terkenal terutama yang dari luar negeri itu. Jika Anda adalah kriteria orang yang sabar dan mahir berbahasa inggris, maka mungkin tidak ada salahnya jika anda belajar dari situs yang dari luar negeri tersebut. Anda tidak perlu membayar alias gratis untuk mendapatkan informasi dari situs tersebut. Untuk lebih jelasnya silahkan saja klik alamat (situs) web tersebut.
Berbekal pengetahuan yang saya dapatkan  dari berbagai web, saya membuat template ini seadanya yang penting lain dari template orang dan hasil jirih payah saya sendiri. Mungkin nanti blog ini saya perbaiki sedikit demi sedikit, tapi untuk saat ini cukup seperti ini dululah.
Aduh lumayan panjang juga ya curhat saya ini. Tapi kalau mau tahu lebih banyak lagi mengenai kisah saya dalam belajar membuat template atau Anda ingin bertanya silahkan posting komentar Anda di bawah ini, kalau saya bisa menjawab, insya Allah saya jawab tapi kalau saya tidak bisa menjawab, saya minta maaf soalnya saya manusia biasa yang juga punya banyak kekurangan.
Terima kasih karena telah mebaca postingan saya ini sampai akhir.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar mengenai entri ini
azinsblog.blogspot.com