Kamis, 13 September 2012

Harddisk Bad Sector - Harddisk Rusak

Harddisk Bad Sector. Saat ini saya menangani sebuah laptop Toshiba L745 dengan kerusakan yang terjadi pada harddisk (Bad Sector). Beberapa langkah atau cara saya lakukan untuk memperbaiki laptop ini seperti install ulang sistem operasi menggunakan Windows XP SP3, Windows 7 Ultimate, dan Windows 8 Consumer Preview 32 bit. Saya berhasil menginstall ketiga sistem operaseri (Operating System) ini tetapi dari ketiga Operating System ini masing-masing menunjukkan masalah berikut ini : 
  1. Windows XP SP 3 : Instalasi sangat lambat tetapi berhasil. Saat dijalankan Laptop Toshiba L745 sangat lambat.
  2. Windows 7 Ultimate. Instalasi lambat tetapi berhasil. Saat dijalankan Laptop Toshiba L745 menunjukkan pesan Error pada Harddisk kadang-kadang lambat. 
  3. Windows 8 Consumer Preview. Instalasi lebih cepat jika dibandingkan dengan kedua Sistem Operasi sebelumnya (Windows XP SP3 dan Windows 7 Ultimate). Instalasi Berhasil tetapi saat menjalankan laptop Toshiba L745 masalah yang terlihat sama seperti saat Laptop Toshiba L745 menggunakan Sistem Operasi Windows 7 Ultimate. Setelah beberapa kali menggunakan laptop dengan sistem operasi ini, laptop hank dan tidak bisa digunakan lagi / sistem operasi tidak bisa jialankan kembali (sama seperti Windows 7 Ultimate).
Pada awalnya laptop ini ditangani oleh teman saya yang berinisial R dan laptop Toshiba L745 ini sudah diganti harddisknya. Berhubung teman saya tersebut akan berangkat ke jakarta, laptop ini diberikan kepada saya untuk diperbaiki (Service).
Setelah cara instalasi ini saya lakukan dan masih terdapat masalah, saya coba untuk memformat harddisk tersebut dengan Tools Low Level Format bawaan dari Hieren's Boot CD 15.1. Oh ya, sebelumnya saya sudah lakukan pemeriksaan harddisk dengan menggunakan sebuah Tool HD Tune 2.55 bawaan dari Hieren's Boot CD 15.1 ini. Berikut Screen Shotnya : 

Setelah saya format harddisk tersebut dengan Low Level Format Tool bawaan dari Hieren's Boot CD. saya coba install ulang sistem operasi Windows 8 Consumer Preview hasilnya nihil sama seperti sebelum memformat dengan Low Level Format. 
Sebenarnya saat saya menginstall Windows 7 Ultimate saya juga sempat menemukan masalah seperti tidak bisa diinstall. Oleh karenanya saya coba untuk menginstall windows 7 Ultimate ini lewat Hieren's Boot CD 15.1 dan ternyata proses instalasi sangat-sangat lambat dan saya tidak bisa sampai akhir. Proses instalasi terhenti pada saat windows menampilkan pesan (lupa apa pesannya tapi setidaknya maksud dari pesan tersebut adalah : windows mempersiapkan diri untuk pertama kali digunakan). 
Beberapa hari berlalu, saya tidak putus asa. Saya coba memperbaiki dengan menggunakan utiliti HDD Regenerator (saat saya menulis posting ini, saya sedang menggunakan tool HDD Regenerator dan prosesnya sudah 31% dengan 39 bad sector ditemukan serta 7 Bad Sector direcovered). Ah... semoga saja usaha saya membuahkan hasil yang memuaskan. Amin. 
Jika dengan menggunakan tool ini saya tidak bisa memperbaiki kondisi Harddisk Laptop Toshiba L745 ini, maka saya akan merekomendasikan pada pemilik Laptop ini untuk mengganti harddisknya.
Oh ya... saya juga dulu mendapatkan rekan kerja saya di sebuah instansi PJTKI di mataram yang membeli Laptop Toshiba cash dengan harga 7 juta. Belum sebulan digunakan, Laptop yang tersebut mengalami BAD   SECTOR. Dan langkah yang dilakukan oleh teman saya tersebut untuk menangani permasalahan yang terjadi pada laptopnya tersebut adalah dengan membawa Laptop Toshibanya tersebut ke tempat dimana ia membelinya berhubung Laptopnya masih dalam masa garansi dan lokasi tempat membeli laptop tersebut masih di sekitar kota MATARAM, Lombok. 

3 komentar:

  1. hal lazim terjadi pada toshiba tipe ini, satellite L745. masalah HDD masih menjadi sorotan utama. sekarang saya coba pakai HDD Regeneretor juga. masih inisialisasi. semoga berhasil. terima kasih share nya...

    BalasHapus
  2. Terima kasih kembali mas... Semoga berhasil, amin.

    BalasHapus
  3. Gmana mas? Berhasil tidak recovery pake regenerator nya?

    BalasHapus

Silahkan berkomentar mengenai entri ini
azinsblog.blogspot.com