Kamis, 13 September 2012

Instalasi Windows XP 7 dan 8

Instalasi Windows XP 7 dan 8
Saya ingin mengganti sistem operasi laptop saya yaitu ASUS K42F tetapi saya mendapatkan rintangan yang lumayan membuat saya harus bersabar dan membuat tenaga, pikiran, serta waktu saya terbuang. Sebenarnya saya pernah mendapatkan permsalahan ini ketika ada seorang gadis yang datang menservice laptopnya pada saya dan masalah tersebut dapat saya atasi kurang lebih 2 hari (2 x 24 jam). Sangat disayangkan kenapa saya tidak mengingat baik-baik solusi permasalahan tersebut.
Berikut ini adalah beberapa langkah yang saya tempuh untuk mengatasi permasalahan kegagalan instalasi windows xp, windows 7, dan windows 8 :
  1. Windows XP, windows 7, dan windows 8 Consumer Preview saya install menggunakan flash disk (tidak bisa)
  2. Windows XP, windows 7, dan windows 8 Consumer Preview saya install menggunakan flash disk saya install menggunakan kaset / driver (tidak bisa)
  3. BIOS laptop saya (ASUS K42F) saya update, berhasil update tetapi tetap instalasi windows tidak bisa berjalan mulus. Instalasi windows masih terhambat pada moment setelah pengkopian file dan restart laptop (untuk yg menggunakan kaset / driver) dan instalasi terhambat pada saat booting dari flash disk dengan tanda kesalahan blank screen dan hanya terdapat tanda underscore selama beberapa detik setelah itu muncul huruf J.
  4. Saya mengingat-ingat kembali solusi permasalahan yang pernah saya dapatkan dan saya bisa mengingat kalau solusi tersebut saya peroleh dari internet kemudian mengingat-ingat kembali dari situs mana saya bisa mendapatkan solusi tersebut dan saya tidak ingat. Setelah itu saya ingat-ingat kembali kata kunci pencarian saya di internet dan search engine yang saya gunakan saya ingat bahwa pada saat itu saya menggunakan search engine Google dan web browser Google Chrome selanjutnya hal yang berhubungan dengan permasalahan tersebut yang saya ingat adalah permasalahan tersebut teratasi dengan mencari info mengenai partisi harddisk laptop dengan kata kunci diskpart. Dan................................................. saya coba teknik tersebut dengan satu hasil yang cukup memuaskan. 
  5. Berikut ini adalah beberapa perintah-perintah yang saya gunakan : diskpart, disk list, list part select disk, dan active.
Sekian dan mohon maaf bila penjelasan yang saya utarakan kurang sempurna karena saya lumayan letih dan ingin beristirahat setelah menguras tenaga dan pikiran dengan permasalahan instalasi sistem operasi windows xp, windows 7, dan windows 8 consumer preview.

1 komentar:

  1. Gan mohon pencrahan nya nih.Ane jg mau install pake flash disk tapi kok ngak mau ya padahal sudah saya pilih booting via flash disk ...?? apa perlu diupdate biosnya Gan ...? makasih mohon pencerahan nya gan

    BalasHapus

Silahkan berkomentar mengenai entri ini
azinsblog.blogspot.com