Jumat, 28 September 2012

Cara Mudah Menginstall Net Frame Work 3.5

Windows adalah sistem operasi yang sangat populer untuk saat ini. Pada sebuah sistem operasi tentunya kita harus menginstall sistem aplikasi untuk dapat memudahkan kita bekerja baik pada komputer ataupun pada Laptop. Beberapa program yang berdiri di lingkungan sistem operasi Windows membutuhkan Net frame Work agar dapat berjalan dengan lancar. Program-program ini ada yang membutuhkan versi net frame work tertentu misalnya ada yang membutuhkan net frame work 1.0, Net frame work 2.0, net frame work 3.0, net frame work 3.5 dan ada pula yang membutuhkan netframe work 4.0.
Pada artikel ini, akan dijelaskan cara menginstall Net Frame Work 3.5 pada Windows 8. Caranya adalah dengan menggunakan commond promt atau biasa disebut dengan cmd. Kita juga membutuhkan CD installer Windows 8 untuk mendapatkan software net Frame Work 3.5.
Perintah untuk melakukan instalasi Net Frame Work 3.5 dari command prompt (cmd) adalah sebagai berikut:
Dism.exe /online /enable-feature /featurename:NetFx3 /All /Source:x\source]sxs /LimitAccess
catatan : “x” adalah drive letter CD / DVD-ROM tempat DVD installer Windows 8 dimasukkan. Pada kasus laptop yang saya instalkan net frame work 3.5, “x” saya ganti dengan “g” karena drive letter DVD-ROM laptop tersebut adalah “g”, bisa dilihat pada gambar di bawah.
Selanjutnya tinggal tekan enter, kemudian tunggu proses hingga selesai (100%). Satu lagi yang perlu diperhatikan ketika menjalankan CMD harus menggunakan hak akses administrator.
CMD-command prompt
Windows Explorer
Windows8 - Windows Features
Silahkan lihat pada ketiga gambar.