Senin, 14 Desember 2009

TKJ (Teknik Komputer Jaringan)

Saya adalah seorang siswa SMK NEGERI 1 SELONG. pada tahun 2009 ini saya sudah berada di kelas 3. Jurusan yang saya ambil adalah TKJ. TKJ adalah singakatan dari "Teknik Komputer Jaringan". Jurusan ini adalah salah satu jurusan komputer yang dibuka di SMK NEGERI 1 SELONG dimana pada saat saya masuk di SMKN 1 SELONG telah dibuka 2 jurusan komputer yaitu TKJ dan MULTIMEDIA (disingkat MM). pada tahun 2009 ini, SMKN 1 SELONG kembali membuka jurusan komputer lainnya, yaitu RPL. RPL adalah singkatan dari "Rekayasa Perangkat Lunak"

Beberapa perbedaan antara ketiga jurusan tersebut ialah:
  1. TKJ (Teknik Komputer Jaringan), bidang yang dipelajari adalah seputar reparasi/service (perbaikan) komputer dan jaringan (LAN, MAN, WAN, dan jaringan Internet).
  2. MM (MULTIMEDIA), setahu saya materi yang diajarkan di MULTIMEDIA berhubungan dengan yang seni-seni seperti photoshop, corel draw, dreamweaver, editing video dan yang sejenis dengan itu.
  3. RPL (Rekayasa Perangkat Lunak), siswa jurusan RPL dididik untuk menjadi programer. Beberapa materi yang dipelajari diantaranya adalah: VB (Visual Basic), C++, PHP, dan sebagainya.
Berikut adalah Materi yang saya pelajari di kelas III Jurusan TKJ:
  1. Menginstalasi perangkat jaringan berbasis luas (WAN) dapat didownload di: WAN
  2. Mendiagnosis permasalahan perangkat yang tersambung jaringan berbasis luas (WAN) dapat didownload di: Diagnosis Permasalahan
  3. Mengadministrasi server dalam jaringan dapat didownload di: Administrasi Server
  4. Merancang bangun dan menganalisa wide area network dapat download di: Rancangan Analisa
Sekian dulu info seputar jurusan komputer yang ada (dibuka) di SMK NEGERI 1 SELONG. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. Amin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar mengenai entri ini
azinsblog.blogspot.com