Jumat, 01 Januari 2010

Firefox

Karena saya adalah penggemar browser yang satu ini, maka saya buat postingan ini. Mozilla Firefox adalah web browser yang didesain menjadi web browser yang stabil dan handal. Ia memiliki banyak addon/pengaya yang sangat bermanfaat.
Beberapa pengaya/addon yang sangat saya sukai dari browser yang satu ini adalah:
GooglePreview untuk menampilkan halaman web yang akan kita kunjungi jika kita mengklik link yang ada di search engine, misalnya di http://google.co.id.
AutoPager untuk menampilkan hasil pencarian di search Engine sehingga kita tidak perlu lagi mengklik angka 1,2,3.... atau berikutnya untuk menampilkan hasil pencarian berikutnya.
Adapun untuk para web designer addon firefox yang cocok adalah firebux. Dengan addon (firebux) ini, kita dapat menampilkan kode-kode pemrograman yang digunakan pada sebuah web. Masing-masing kode pemrograman ditandai dengan warna berbeda-beda. Selain itu dengan firebux kita dapat mengetahui kesalahan kode pemrograman pada web yang bersangkutan.
Firefox juga memiliki fungsi tab sehingga kita bisa menampilkan beberapa halaman web  (situs) pada sebuah jendela (window). Tidak seperti Internet Explorer versi lama, kita harus membuka banyak halaman jika kita tidak ingin meninggalkan halaman yang kita buka sebelumnya. Memang sekarang pada versi yang baru (Internet Explorer 7 dan 8) sudah dilengkapi dengan fungsi tab seperti firefox, tetap saja saya lebih menyukai firefox sebagai web browser andalan saya. Perbedaan firefox dengan Internet Explorer (IE) dalam masalah tab ini adalah kalau firefox membuka tab baru setelah tab terakhir, sedangkan Internet Explorer setelah tab awal. Coba deh Anda bandingkan sendiri.
Kalau tidak salah Search Engine terkenal seperti yahoo pernah menganjurkan para penggunanya untuk menggunakan firefox sebagai web browsernya agar tampilan halaman web yang dihasilkan lebih baik. Tampilan web ini adalah masalah yang harus diatasi oleh para web programmer.
Banyak yang mengatakan kalau Internet Explorer adalah web browser pembuat ulah atau web browser aneh. Perintah pada salah satu bahasa pemrograman dibaca A oleh firefox, maka IE (Internet Explorer) membacanya B. Dengan kata lain firefox dan Internet Explorer membaca bahasa pemrogramanan web berbeda. Blog saya ini saja tidak bisa tampil dengan baik pada Internet Explorer versi 6 ke bawah, kalau versi 7 ke atas sih enjoy-enjoy saja.
Bagian blog ini yang tidak ditampilkan sebagaimana mestinya adalah navbar (navigasi barnya) kalau tidak tahu apa itu navigasi bar  bisa anda perhatikan pada blog ini. Navigasibarnya terletak tepat di bawah judul blog ini (Azin's Blog). Untuk mengetahui apakah browser Anda dapat menampilkan navigasi bar tersebut dengan baik atau tidak, silahkan Anda arahkan pointer Anda ke atas navigasi bar tersebut. Jika ada menu yang terbuka ke bawah, maka browser Anda dapat dikatakan bisa menampilkan halaman blog ini dengan baik. Tapi kalau tidak, silahkan ikuti petunjuk di bawah ini.
Untuk para pengguna IE versi 6 ke bawah, saya anjurkan untuk diupdate ke versi yang terbaru atau kalau mau silahkan menggunakan firefox untuk mendownload silahkan kilik disini.
Memang ada cara untuk menampilkan navigasi bar (dropdown menu) tersebut di IE versi 6 ke bawah. Tapi saya belum melakukan cara tersebut pada blog ini, tapi memang cara tersebut berfungsi dengan baik, saya sudah mencobanya. Caranya adalah dengan menambahkan Kode (code) ke dalam halaman web kita. kode tersebut diberi nama csshover.htc. code ini berbentuk file dengan format (ekstensi) .htc. Pembuatnya yang jelas bukan orang Indonesia, sori bukan maksud saya menyisihkan orang Indonesia tapi orang Indonesia itu jarang yang mempunyai temuan.
Satu lagi addon yang harus diinstall agar web dapat ditampilkan dengan baik. Addon tersebut adalah flash player. Saya biasanya menggunakan flash player 9. Flash player ini berfungsi menampilkan animasi flash pada web, misalnya pelengkap web seperti jam, counter, dan lain sebagainya. Jika Anda tidak dapat melihat Counter dan jam pada blog ini, berarti browser Anda belum diinstalkan flash player.
Sekian dulu postingan ini, mohon dimaafkan kalau ada yang tidak berkenan di hati para pembaca. Saya kan manusia biasa, tidak luput dari salah dan tidak salah hehe hehe, wakakakakak