Jumat, 01 Januari 2010

Cara Mengetahui Komputer Terkena virus atau Tidak Tanpa Anti Virus

Virus memang masalah yang tidak bisa menjauh dari dunia perkomputeran. Ia senantiasa ada baik virus yang sengaja dibuat maupun virus yang tercipta akibat kesalahan dalam membuat sebuah program.
Komputer terinfeksi virus atau tidak, dapat diketahui dengan menggunakan antivirus. Selain itu, kita dapat mengetahui komputer kita terkena virus melalui beberapa aspek. Beberapa tanda komputer kita terinfeksi virus beberapa diantaranya adalah:
  1. Komputer yang sebelumnya cepat menjadi lambat
  2. Komputer menampilkan pesan error.
  3. Komputer sering hank
  4. Komputer sering restart sendiri
  5. Tidak berfungsinya program-program dan tools yang ada di komputer seperti task manager, regedit, msconfig dan lain sebagainya.
Selain itu, virus juga dapat diketahui menginfeksi komputer kita melalaui task manager (tentunya kalau tidak didisable oleh virus). Jika di task manager terlihat ada program asing/tidak ada sebelumnya patut dicurigai sebagai virus. Program tersebut tiba-tiba dijalankan di komputer kita padahal kita tidak pernah menginstall apa pun.
Memang untuk bisa menggunakan task manager sebagai pendeteksi virus dan pembunuh virus kita harus menghafal atau tahu program apa saja yang biasanya berjalan di komputer yang bersangkutan. Task manager adalah tools yang langsung ada setelah kita menginstall komputer. Task manager dapat diakses/dijalankan dengan menekan tombol ctrl, alt, del secaara bersamaan.
Dua anti virus luar negeri yang saya sukai adalah EsetNOD32 dan Kaspersky