Jumat, 30 April 2010

Blog Terhapus

Saya sudah membaca beberapa postingan yang menyatakan bahwa blog teman-teman baik yang berada di blogspot maupun di wordpress banyak yang dihapus. Sebenarnya apa masalahnya? Rata-rata komentar (informasi) yang saya dapatkan adalah karena blog-blog tersebut (blog yang terhapus) dihapus karena kesalahan pemiliknya. Pemiliknya tidak mengetahui atau tidak memperdulikan Term of Service (TOS) dari layanan yang mereka pakai. Misalnya Blogger melarang penggunanya menghilangkan navigasi bar default melakukan aksi copas (copy paste) isi blog orang lain dan lain sebagainya. Sedangkan wordpress melarang penggunanya untuk mengikuti kontes SEO (Search Engine Optimation), dan berbagai larangan laninnya. 
Saya sendiri memang melihat blog yang ada di  blogger, jika dihilangkan navigasinya akan terlihat lebih profesional dan irit tempat, tetapi saya tidak mau mengambil resiko kehilangan blog gara-gara menghilangkan navigasi bar (navbar) milik blogger tersebut. Saya lebih memilih membuat kabur navigasi bar tersebut, Anda dapat melihat blog saya ini :D. 
Memang kebanyakan kita sangat jarang yang memperhatikan TOS (Term of Service) atau kalau kita bahasakan dengan bahasa yang lebih sederhana adalah ketentuan dan syarat penggunaan layanan. Saya juga agak malas, bahkan sangat malas membaca kalimat demi kalimat TOS dari service atau layanan yang akan saya gunakan karena bahasanya yang cukup memusingkan dan muter-muter.
Jika saudara ingin membaca ketentuan layanan blogger anda bisa mengklik link ini : TOS blogger. Anda dapat mencari TOS-TOS lainnya. Memang sangat fatal akibat dari pelanggaran TOS ini. Tapi memang dasar manusia kebanyakan malasnya.
  Sekian dulu, lain kali dilanjutkan soalnya saya sedang belajar mengedit blog juga ini. :D